Sosialisasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik dengan Sistem LAPOR

Admin 11 Mei 2016 11:58:30 WIB

Sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan publik, pemerintah telah melakukan berbagai langkah upaya perbaikan pelayanan publik secarq berkesinambungan demi terwujudnya pelayanan publik yang prima. Salah satu upaya perbaikan kualitas pelayanan publik adalah dengan memberikan akses seluas-luasnya kepada masyarakat untuk dapat menyampaikan pengaduan atas pelayanan yang diberikan oleh penyelenggara. 

Pada Rabu 11Mei 2016, Forum Organisasi Masyarakat Sipil Untuk Reformasi Birokrasi mengadakan kegiatan Sosialisasi SP4N di Aula Sultan Serdang di Kab. Serdang Bedagai. Bekerja sama dengan Pemkab Sergai untuk mendorong Pemerintahan Sergai menerapkan Sistem LAPOR di kab. Sergai. 

Acara ini dibuka oleh Bupati Serdang Bedagai dan dihadiri oleh seluruh SKPD di Lingkungan Pemkab Sergai dan OMS. Dan juga sebagai narasumber dari Kantor Staf Presiden, Gibran Sesunan, Manager Pengaduan sistem online LAPOR. Beliau mengatakan bahwa sebagai tindak lanjut amanat UU No 25 tahun 2009 dan Peraturan Pemerintah Nomor 76 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik, maka dibentuklah Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) yang merupakan integrasi pengelolaan pengaduan pelayanan publik secara berjenjang pada setiap penyelenggara dalam kerangka sistem informasi pelayanan publik.

LAPOR adalah sistem aplikasi pengelolaan pengaduan berbasis media sosial yang dibangun berdasarkan pada fakta bahwa jumlah pengguna ponsel, internet dan media sosial di tanah air kian melonjak. Sehingga masyarakat dapat menyampaikan aspirasi dan pengaduannya melalui berbagai kanal antara lain SMS 1708, situs www.lapor.ukp.go.id, mobile app android dan blackberry serta media sosial twitter @LAPOR1708 dan facebook LAPOR.

Beliau juga mengatakan melalui LAPOR masyarakat bukan saja menjadi mudah berinteraksi dengan pemerintah, melainkan juga dapat berperan secara aktif berpartisipasi dalam mengawasi pembangunan dan pelayanan publik.

Di akhir acara, Bupati Serdang Bedagai berharap bahwa Kab. Serdang Bedagai juga akan terkoneksi dengan sistem LAPOR sehingga memudahkan masyarakat untuk memberikan masukan produktif melalui kanal pengaduan masyarakat.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

       Selamat dan Sukses

gambar

Ir. H Soekirman           Darma Wijaya,SE
Bupati dan Wakil Bupati Serdang Bedagai Periode 2016-2021


Layanan Mandiri


Silahkan datang / hubungi perangkat desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi Bingkat

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Sinergitas Program

Visi Misi Desa Bingkat

Visi Desa Bingkat adalah : "Terwujudnya Masyarakat Desa yang Mandiri, Makmur, Sejahtera dan berkeadilan yang didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai dan aparatur pemerintah yang handal"